| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Minggu, 09 September 2012

Mendikbud Letakkan Batu Pertama Pembangunan Akademi Komunitas


===========================
Pacitan - Menandai realisasi berdirinya 20 Akademi Komunitas (AK) yang difasilitasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Minggu (9/9) siang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melakukan peletakan batu pertama pembangunan AK di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. AK senilai Rp 50 miliar tersebut merupakan pengembangan dari SMK yang didesain sebagai SMK model atau percontohan.


“Tahun ini bagian dari realisasi pelaksanaan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, kami membangun sebanyak 20 Akademi Komunitas.
Dalam UU Dikti Pasal 59 ayat 7, AK didefinisikan sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus,” kata Mendikbud.

Hadir dalam peletakan batu pertama tersebut Dirjen Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Achmad Jazidie, Direktur SMK, Anang Tjahjono, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Triyogi Yuwono, dan Rektor Universitas Negeri Surabaya, Muchlas Samani. Sementara dari jajaran Pemerintah Kabupaten Pacitan, hadir Bupati Pacitan, Kepala Dinas Pendidikan, dan unsur SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya.

Dalam sambutannya Mendikbud menjelaskan, pendirian AK telah disambut baik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan pada saat Rapat Kabinet Terbatas bidang Pendidikan, di Kemdikbud, 31 Juli 2012 lalu. “Inilah implementasi dari UU Dikti yang diharapkan akan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan keterampilan tenaga kerja terdidik, sekaligus meningkatkan APK pendidikan tinggi,” katanya.

Dikatakannya, kehadiran AK adalah salah satu semangat yang menjiwai UU Dikti berkait dengan kesetaraan; penguatan pendidikan vokasi; dan keutuhan jenjang pendidikan. Serta keterjangkauan.

“Itu sebabnya, untuk lokasi pendirian AK dipilih beberapa daerah dengan kriteria antara lain; daerah yang selama ini menjadi pemasok TKI, dan daerah dengan sumber daya alam melimpah dan belum termanfaatkan dengan baik. Kita berharap melalui AK ke depan struktur angkatan kerja akan berubah, berada di kelompok menengah. Ini sejalan dengan pelaksanaan PMU,” katanya. (***)


Sumber :Kemdikbud 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo