| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Senin, 27 Agustus 2012

Kriteria Pemilihan Lokasi Pendirian Akademi Komunitas

=======================
Jakarta --- Mulai tahun 2012 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merintis pendirian 20 akademi komunitas (AK) di daerah-daerah terpilih. Pemasangan tiang pancang pertama akan dilakukan di Kabupaten Pacitan, pada 9 September 2012. Daerah yang terpilih sebagai lokasi pendirian AK, dipilih berdasarkan parameter yang telah ditetapkan.


Diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Senin (27/08), ada empat parameter yang menjadi pertimbangan pemilihan daerah-daerah tersebut. Pertama, dipilih wilayah dengan populasi penduduk yang tinggi. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari terjadinya pertumbuhan pengangguran muda.

“Jika pemuda-pemuda memiliki keterampilan, maka mereka akan memiliki pekerjaan. Namun jika mereka nganggur, itu akan sangat berbahaya,” demikian disampaikan Mendikbud, di ruang kerjanya, Senin siang.

Kedua, AK akan dibangun di kantong-kantong penyedia tenaga kerja yang biasanya mencari pekerjaan di luar negeri (TKI). Seperti diketahui bersama, setiap warga negara yang bekerja di luar negeri merupakan diplomat dan cermin sebuah bangsa.  “Kalau mereka bagus, nama bangsa kita bagus juga,” katanya. Dengan AK ini diharapkan akan meningkatkan kualitas, daya jual dan daya saing mereka.

Ketiga, di wilayah-wilayah yang sumber daya alamnya belum dikelola dengan baik juga akan dibangun AK. Misalnya di daerah pesisir dan perbatasan. Dan yang keempat, pendirian AK akan diintegrasikan dengan kebutuhan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Masyarakat yang telah lulus dari AK bisa ikut berperan dalam mengelola sumber daya alamnya. Jadi sumber daya tersebut tidak hanya dikelola oleh pendatang, tapi bisa untuk kesejahteraan masyarakat setempat. “Sembari mendidik, mereka juga mempersiapkan tenaga kerjanya,” kata Menteri Nuh.

Adapun 20 lokasi tempat pembangunan akademi komunitas tersebut adalah : 
1. Kabupaten Aceh Barat 
2. Kabupaten Tanah Datar 
3. Kabupaten Rejang Lebong  
4. Kabupaten Muko-Muko 
5. Kota Prabumulih 
6. Kabupaten Lampung Tengah 
7. Kabupaten Ponorogo 
8. Kota Blitar 
9. Kabupaten Pacitan 
10. Kabupaten Temanggung 
11. Kabupaten Sumenep
12. Kabupaten Situbondo 
13. Kabupaten Sidoarjo 
14. Kabupaten Nganjuk 
15. Kabupaten Bojonegoro 
16. Kabupaten Sumbawa 
17. Kabupaten Kolaka 
18. Kota Mataram 
19. Kabupaten Tuban 
20. Kabupaten Kerom. (AR)

Sumber : Kemdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo