| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Rabu, 13 Februari 2013

Semua Provinsi Siap Implementasikan Kurikulum 2013



Kota Depok -- Semua provinsi dan kabupaten / kota telah siap mengimplementasikan kurikulum 2013 pada tahun ajaran mendatang. "Siap dari sisi ada keinginan untuk melaksanaan, dan siap dari segi pendanaan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dalam konferensi pers setelah Penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, di Pusbangtendik Depok, Selasa (12/02) kemarin.



Dari segi pendanaan, sebagian kabupaten / kota akan memanfaatkan dana dana alokasi khusus (DAK) yang ditransfer dari Pemerintah Pusat. "Jadi bukan dari dana APBD yang lain, dan itu sudah siap semuanya," ujar Menteri Nuh menambahkan.

Dalam implementasi kurikulum 2013, pendampingan kepada guru akan terus menerus dilakukan, karena pendampingan tersebut akan sangat berperan dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum baru. Pendampingan guru antara lain dilakukan oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP), dan perguruan tinggi ujar mantan Menkominfo tersebut.

Guru-guru yang akan dilatih untuk melaksanakan kurikulum 2013, murupakan kunci untuk melaksanakan kurikulum 2013, kata Mendikbud. "Mereka itu kita asumsikan sebagai karcis masuk untuk melaksanakan kurikulum 2013," ujarnya. Namun setelah pelatihan yang kurang lebih berdurasi 60 jam, belum selesai sampai disitu, dimana akan terus dilakukan pendampingan dalam melaksananakan proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang baru. "Jadi belajar dari guru tersebut akan terus berjalan,dan itu modal awal untuk melakukan perubahan," kata mantan Rektor ITS tersebut.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, pelaksanaan Kurikulum 2013 akan dilakukan bertahap mengingat luasnya jangkauan sekolah, terutama SD yang sebarannya hingga tingkat desa. Pada tahun ajaran 2013/2014 mendatang baru 30 persen SD kelas I dan IV yang akan mendapatkan pembelajaran Kurikulum 2013. Sebanyak 44.609 SD akan mulai menerapkan kurikulum 2013 tahun ini.

Sedangkan pada tingkat SMP dan SMA sederajat, Kurikulum 2013 akan diajarkan pada seluruh sekolah, Namun baru siswa kelas VII dan X yang akan menerima Kurikulum 2013. Sebanyak 36.434 SMP, 11.535 SMA, dan 9.875 SMK telah ditetapkan untuk mulai menggunakan kurikulum baru di tahun ajaran 2013/2014.(NW)


Sumber : Kemdikbud 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo