| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Rabu, 10 Oktober 2012

Kemdikbud Siap Selenggarakan Gelar Budaya Nusantara 2012

Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan yang bekerja sama dengan  Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  akan  menggelar sebuah acara bertajuk “Gelar Budaya Nusantara 2012".  Dengan mengambil tema 'Ritus Budaya Pangan Nusantara', acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 27-29 Oktober 2012 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Gelar Budaya Nusantara adalah acara yang menampilkan kesenian dan budaya dari beberapa daerah di Indonesia. 



Di acara ini, kita bisa melihat keunikan dan pesona kebudayaan dari tiap daerah di Nusantara.

"Kita tidak akan membiarkan seni tradisi mati ditelan zaman, melalui acara ini kita akan terus memperkuat seni tradisi di dalam negeri," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam jumpa pers Gelar Budaya Nusantara 2012 di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, TMII, Jakarta Timur, (9/10).

Nantinya, Gelar Budaya Nusantara 2012 akan menampilkan upacara-upacara yang berkaitan dengan pangan dari delapan komunitas adat. Di antaranya dari Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang dari Banten, Paninjauan asal Sumatera Barat, dan Tutup Ngisor dari Jawa Tengah.

Juga ada pula Dayak Kayan Bahau dari Kalimantan Timut, Osing Banyuwangi asal Jawa Timur, Manggarai dari NTT, serta Ngata Toro yang berasal dari Sulawesi Tengah. Ke delapan komunitas ini akan melakukan upacara di instalasi seni  berbentuk sawah yang akan dibangun  di sekeliling Monumen Tugu Api Pancasila, TMII.

Tidak hanya kebudayaan daerah, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga akan menampilkan kebudayaan dari luar negeri.

"Ada banyak budaya yang akan ditampilkan di sini tiap harinya, juga ada pertunjukan budaya dari Meksiko, Venezuela, dan Amerika," kata  Suprapto Suryodarmo,  Ketua Panitia acara Gelar Budaya Nusantara 2012 ini.  Selain itu juga ada acara diskusi, workshop dan lomba foto yang dapat diikuti semua  lapisan masyarakat.

Acara ini diperuntukkan pengunjung TMII, khususnya kepada anak-anak sekolah. Diharapkan, mereka dapat lebih mencintai budaya dalam negeri ke depannya," ujar Direktur Operasional Taman Mini Indonesia Indah, Ade F Melilala saat jumpa pers. (EH)


Sumber : Kemdikbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo