| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Rabu, 10 Oktober 2012

Kembangkan Wayang dalam Aplikasi Permainan Berbasis Edukasi

Jakarta --- Andang Kurniawan dan Tri Yoga Purnama, dua siswa dari SMAN 2 Bantul DI Yogyakarta mengangkat tema budaya dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2012. Wayang yang menjadi objek penelitian mereka dituangkan dalam sebuah permainan edukatif. Melalui aplikasi permainan yang mereka buat ini, baik Andang maupun Yoga berharap agar wayang bisa dinikmati oleh remaja seusianya.




“Kami pilih meneliti wayang karena selama ini kami kesulitan untuk melihat wayang. Selain karena sekolah, juga karena wayang jarang sekali dimainkan,” demikian diungkapkan Andang saat ditanya mengapa mereka memilih wayang sebagai objek penelitian.

Kedua siswa ini melakukan penelitian dan menuangkannya dalam sebuah permainan dalam kurun waktu tiga bulan. Semula proyek penelitian ini dilakukan untuk diikutkan dalam Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) pada Januari lalu. Namun karena mereka gagal ikut kompetisi tersebut, akhirnya wayang hasil penelitiannya ini diikutkan dan akhirnya berhasil masuk dalam OPSI ini.

Menurut Andang, karakteristik wayang yang ksatria dan perkasa sangat mengagumkan. Sifat seperti itu harusnya bisa dipelajari kaum muda sepertinya. Kurangnya akses pada budaya wayang memberi inisiatif mereka untuk membuat permainan ini.

Setelah melakukan pengujian pada 100 orang responden, didapatkan hasil bahwa 79 persen responden mengakui bahwa permainan wayang yang bernama m-wayang ini mengasyikkan. Selain itu diketahui pula terjadi peningkatan yang signifikan pengetahuan responden terhadap kisah wayang.

“80 persen lebih responden akhirnya mengetahui seperti apa wayang itu, kisahnya seperti apa,” katanya. Melalui permainan ini, mereka berharap dapat mendekatkan wayang ke kalangan pelajar dan masyarakat secara interaktif, murah, dan tetap memberikan nilai edukasi. (AR)


Sumber : Kemdikbud 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo