Instrumentalia Unduh Di Sini Unduh Playlist Instrumentalia
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH Simulasi Susunan Tata Surya (untuk pembelajaran)

Damai Bersama-MU by Chrisye | Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu-lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno
Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2014
Download Buku 1 | Download LAMPIRAN Buku 1

Kamis, 06 Juni 2013

Kompetensi Dasar Seni Budaya Kurikulum 2013



.


KOMPETENSI DASAR

SENI  BUDAYA


Sekolah Menengah Pertama (SMP)/
Madrasah Tsanawiyah (MTs)







KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2013




KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
1.1        Mengapresiasi keragaman dan keunikan karya seni daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap bangsa dan tanah air
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap keragaman dan keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik) gagasan, struktur, makna dan teknik karya musik, karya tari, karya rupa dan karya teater sebagai kekayaan budaya bangsa
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Mengidentifikasi konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2        Memahami teknik vokal dan pemainan musik ansambel
3.3        Memahami teknik vokal dan karakteristik lagu daerah
3.4        Mengidentifikasi gerak tari kreasi tradisi dan kreasi non tradisi berdasarkan level Tempo dan dinamika gerak
3.5        Memahami teknik penyusunan konsep/naskah pertunjukan teater
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menggambar flora dan fauna
4.2        Menggambar ragam hias
4.3        Membuat karya kriya tekstil dengan memanfaatkan berbagai teknik dan corak
4.4        Membuat karya kriya kayu dengan memanfaatkan berbagai teknik dan corak
4.5        Menyanyikan lagu daerah secara unisono dengan teknik vokal
4.6        Menampilkan teknik permainan musik sederhana secara perseorangan dan berkelompok
4.7        Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal groupdengan teknik vokal
4.8        Menampilkan musik ansambel campuran
4.9        Menemukan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.10    Memperagakan teknik gerak tari kreasi tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak sesuai iringan
4.11    Mengembangkangerak tari kreasi non tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.12    Memperagakan teknik gerak tari non kreasi non tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak sesuai iringan
4.13    Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam sekitar sebagai inspirasi
4.14    Mengembangkanpembuatan konsep/naskah teater yang berkaitan dengan tema alam
4.15    Merancang pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam  berteater, menari dan praktik musik
4.16    Menampilkan pertunjukan teater, musik dan tari




KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mengapresiasi keragaman dan keunikan karya seni daerah-daerah di Indonesia sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap bangsa dan tanah air
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

1.1    Menampilkan sikap apresiatif (menyukai, menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik) gagasan, bentuk, teknik dan fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi
1.2    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater, menari, penampilan  musik ansambel dan vokal group
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2        Memahami teknik menggubah lagu secara sederhana
3.3        Mengidentifikasi keunikan gerak tari kreasi tradisi dan tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
3.4        Memahami teknik pemeranan
3.5        Memahami pertunjukkan teater tradisional
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Membuat gambar model dengan beragam bahan dan teknik
4.2        Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual maupun digital
4.3        Membuat karya kriya logam dengan memanfaatkan berbagai teknik dan corak
4.4        Membuat karya tapistri dengan memanfaatkan berbagai teknik dan corak
4.5        Menggubah musik modern Indonesia untuk disajikan secara unisono atau perseorangan (menggubah dengan membuat notasi dan iringan menggunakan akor pokok)
4.6        Menggubah musik modern Indonesia untuk disajikan dalam bentuk vokal grup atau kelompok (menggubah dengan membuat notasi dan iringan menggunakan akor pokok)
4.7        Menampilkan musik modern Indonesia untuk disajikan secara perseorangan (menggubah dengan membuat notasi dan iringan menggunakan akor pokok
4.8         Menampilkan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara kelompok (menggubah dengan membuat notasi dan iringan menggunakan akor pokok
4.9        Merangkai gerak tari kreasi tradisi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.10    Memperagakan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.11    Merangkai gerak tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.12    Memperagakan gerak tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.13    Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisi
4.14    Mengembangkan cerita teater dari sumber budaya tradisi
4.15    Merancang dan Mempertunjukan teater gaya teater tradisional


KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1         Mengapresiasi  keunikan dan kekayaan karya seni budaya Nusantara sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan bersyukur dan bangga terhadap bangsa dan tanah air Indonesia
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menampilkan sikap apresiatif (menyukai, menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik)  gagasan, bentuk, teknik dan fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi, penampilan musik, tari dan teater
2.2       Menerapkan prinsip kerjasama dalam seni rupa, teater, tari dan musik
3.    Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Menganalisis konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2         Menganalisis konsep dan prosedur dalam menggubah lagu
3.3         Mengidentifikasi karya tari kreasi tradisi dan tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari
3.4         Memahami teknik penyutradaraan
3.5         Memahami pertunjukan teater modern
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
1.1         Membuat karya seni lukis dengan  berbagai teknik dan aliran
1.2         Membuat karya seni patung dengan berbagai teknik
1.3         Membuat karya seni grafis dengan berbagai teknikMerancang dan menyelenggarakan pameran
1.4         Menggubah musik daerah/Nusantara yang disajikan secara perseorangan (membuat notasi dan iringan akornya)
1.5         Menggubah musik daerah/Nusantara yang disajikan secara kelompok (membuat notasi dan iringan akornya)
1.6         Menyanjikan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara unison
1.7         Menyanjikan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara kelompok
1.8         Menyusun karya tari kreasi tradisi berdasarkan komposisi tari
1.9         Memperagakan karya tari kreasi berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
1.10     Menyusun karya tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari
1.11     Memperagakan karya tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
1.12     Menerapkan tehnik  olah tubuh, olah suara, dan olah rasa gaya teater Modern Indonesia
1.13     Merancang dan mempersiapkan pementasan gaya teater Modern
1.14     Merancang konsep produksi dan manajemen pertunjukan teater


DOWNLOAD SK GUBERBUR JAWA TENGAH/Kurikulum BHS. JAWA
1. Untuk SD/MI Klik Di Sini atau Klik Di Sini
2. Untuk SMP/MTs Klik Di Sini atau Klik Di Sini
3. Untuk SMA/SMK/MA Klik Di Sini atau Klik Di Sini
Ismail Wiroprojo