Instrumentalia Unduh Di Sini | Unduh Playlist Instrumentalia | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini

Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno
Aplikasi Menghitung Angka Kredit Guru [ UNDUH ] atau UNDUH DI SINI
MATERI DIKLAT KUR. 2013

Rabu, 05 Desember 2012

Wonogiri Borong Juara Sinden Idol 2012


Kabupaten Wonogiri berhasil memborong gelar juara pada final Sinden Idol 2012 di auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Minggu (2/12).


make gifs
Unduh Adobe Flash player


Peraih gelar juara : 

I. Lina Rohmiyati (Kab. Wonogiri)

II.  Watik , asal Kecamatan Purwantoro, Kab. Wonogiri

III. Eka Suranti (Kab. Kebumen).

Dengan gelar tersebut, Lina berhak atas trofi Gubernur Jawa Tengah dan uang Rp 20 juta, sedangkan Watik memperoleh trofi Rektor Unnes dan uang Rp 15 juta. Adapun Eka berhak membawa pulang trofi Ketua Ikatan Alumni Unnes dan uang Rp 10 juta.

Babak terakhir dari rangkaian panjang audisi yang digelar di lima kota, Wonogiri, Pati, Kebumen, Tegal, Magelang, dan Semarang. “Audisi diikuti 221 pesinden yang berusia 12 – 40 tahun yang tidak hanya dari Jawa Tengah, tetapi juga beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Tuban dan Ponorogo,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo, penggagas acara, saat menyampaikan sambutan.

Pada audisi itulah dari tiap-tiap kota dipilih tiga orang atau total 18 untuk mengikuti karantina dan pelatihan di bawah bimbingan pencipta gending yang juga dosen Karawitan Unnes, Widodo Brotosejati. Kedelapan belas peserta itu kemudian berkompetisi pada babak semifinal yang kemudian menyisakan 10 finalis.

Selain lomba, penyelenggara juga memberikan anugerah sinden legendaris kepada almarhum Nyi Tjondrolukito (Yogyakarta), Nyi Ngatirah (Semarang), dan Nyi Tukinem (Surakarta). Mereka mendapatkan tali asih dari Unnes, masing-masing Rp 5 juta.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat membuka lomba menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut. “Sinden Idol harus berlanjut,” kata Gubernur yang hadir hingga lomba usai.

Juri dalam lomba tersebut Widodo Brotosejati (Unnes), Ki Darsono (guru sinden, Solo), Nyi Supadmi (ISI Solo), serta juri kehormatan Prof Dr Supriadi Rustad (Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud) dan Dr Ir Sri Puryono (Asisten Sekda Provinsi Jawa Tengah).



Sumber :UNES Semarang 
Ismail Wiroprojo