Instrumentalia Unduh Di Sini | Unduh Playlist Instrumentalia | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH UNDUH MASTER APLIKASI P K G di sini atau Di Sini

Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno
Aplikasi Menghitung Angka Kredit Guru [ UNDUH ] atau UNDUH DI SINI
Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2014
Download Buku 1 | Download LAMPIRAN Buku 1

Senin, 12 November 2012

Sosialisasi Pendidikan Karakter Melalui Kesenian


Jakarta --- Pendidikan karakter dapat tersosialisasi dengan baik melalui kegiatan kesenian seperti musik. Melalui lirik bernapaskan pendidikan, nilai-nilai seperti kejujuran, saling menghormati, dan kedisiplinan mudah terinternalisasi kepada para pendengarnya. Demikian antara lain sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Suyanto, yang dibacakan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Thamrin Kasman ketika membuka Pagelaran Musik Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (8/11).


Lebih lanjut dikatakan oleh Dirjen, dengan kegiatan positif yang berlangsung secara berkelanjutan, diharapkan kita akan menyambut Bangkitnya Generasi Emas Indonesia menyongsong 100 Tahun Indonesia Merdeka tahun 2045 sebagai generasi yang berkepribadian Pancasila, menyayangi sesama, dan taat pada ajaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lebih jauh Dirjen Dikdas mengatakan, salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberdayakan potensi besar yang dimiliki para peserta didik adalah dengan menggelar festival dan lomba berskala nasional di bidang sains, olahraga, dan seni. Melalui ajang akbar tersebut, siswa-siswi seluruh Indonesia dapat menyalurkan bakat dan potensinya.

Bagi yang berprestasi akan diberi beragam penghargaan, baik berupa beasiswa maupun keikutsertaan sebagai delegasi Indonesia di berbagai event berskala internasional. "Pagelaran Musik FLS2N ini, merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan Kemdikbud terhadap siswa-siswi berprestasi di bidang olah vokal," ujar Sekretaris Ditjen Dikdas. Pagelaran bertema “Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Karakter Bangsa” itu menampilkan para juara lomba menyanyi solo pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pertengahan Juni lalu.

Siswa-siswi yang tampil adalah siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) dari 12 provinsi. Sebelum tampil dalam pagelaran ini, mereka telah menjalani rangkaian pelatihan teknik olah vokal serta penguasaan panggung oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang olah vokal seperti Iga Mawarni, Once Mekel, dan Katon Bagaskara. Pagelaran ini juga diisi oleh penampilan artis-artis ibukota dari berbagai genre antara lain Iga Mawarni, Ermy Kulit, Ayu Soraya, dan Barry Likumahua Project Unity. (EH/RM)


Sumber : Kemdikbud
Ismail Wiroprojo