| Unduh Playlist The Water | Damai Bersama-MU by Chrisye | Serat Wirid Saloka Jati [ unduh ]
MAJALAH SEAMOLEC SERAT WULANGREH MASTER APLIKASI PKG[Unduh] atau Unduh Di Sini
VIDEO MACAPAT (Notasi) ONLINE | MACAPAT (Cakepan) ONLINE MP3 | MACAPAT (Notasi) ONLINE MP3
Jalan Lurus - Gita Gutawa dan Biografi | Dirgahayu Indonesia (Lagu Nasional) | Bidadari Dibalik Kesuksesan Bung Karno | Manfaat Kepiting Sawah | BAPERTARUM
Doa Selamat Dunia Akhirat
Do'a Qunut

Ayat Kursi

Kamis, 12 Juli 2012

Empat Pelajar Indonesia Ikuti Olimpiade Kimia Internasional 2012

Jakarta – Tahun ini pelajar Indonesia kembali mengikuti Olimpiade Kimia Internasional, atau The Internasional Chemistry Olympiad (IChO). Kompetisi IChO ke-44 ini akan diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat, dari tanggal 21-30 Juli 2012, di University of Maryland, College Park. Ada 73 negara yang mengirimkan pelajarnya untuk berkompetisi, dan enam negara peserta sebagai observer. Keikutsertaan Indonesia di IChO 2012 ini merupakan partisipasi Indonesia yang ke-15.
Empat pelajar yang akan dikirim sebagai peserta IChO yaitu Samuel Leonardo dari SMAN M.H. Thamrin Jakarta, Dewi Suryana dari SMAK Penabur Gading Serpong, Andhika dari SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, dan Ivan Kurniawan dari SMAN 1 Purwokerto.  Mereka terpilih setelah melalui proses seleksi yang dilakukan Tim Olimpiade Kimia Indonesia. Seleksi awal dilakukan terhadap 30 siswa pemenang medali di Olimpiade Siswa Nasional (OSN) di Manado pada Agustus 2011.
Selanjutnya, keempat pelajar tersebut diberikan pelatihan untuk mempersiapkan diri menghadapi IChO. Instruktur atau mentor mereka terdiri dari staf pengajar Departemen Kimia dari FMIPA Universitas Indonesia (UI), dan Departemen Kimia dari FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Materi pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan silabus teori dan praktikum untuk IChO ke-44, yang sebagian besar tidak pernah diberikan dalam kurikulum kimia di tingkat SMA di Indonesia.
Materi kimia yang diberikan dalam pelatihan meliputi kimia anorganik, kimia fisika, kimia organik kimia analitik, kimia radiasi, biokimia, praktikum anorganik-fisik, praktikum kimia organik, praktikum biokimia, dan spektroskopi. Dalam kompetisi IChO nanti, keempat pelajar Indonesia tersebut akan diuji kemampuan pengetahuan dan keterampilan kimianya dalam ujian keterampilan praktik laboratorium selama lima jam, dan ujian tertulis selama lima jam juga. (DM).


Sumber Kemdikbud RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ismail Wiroprojo